Yuk Kenali P2P Lending Indonesia: Bedanya KlikACC dan Modalku

Peer to peer lending adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan proses meminjamkan uang kepada berbagai individu yang tidak saling mempunyai hubungan, tanpa harus melalui perantara (broker) keuangan tradisional, contohnya bank atau lembaga-lembaga keuangan tradisional lainnya. Beberapa contoh penyelenggara peer to peer (P2P) lending antara lain KlikACC dan Modalku.

Pada artikel kali ini, saya bermaksud untuk membahas mengenai perbedaan antara KlikACC dan Modalku. Apabila Anda ingin tahu lebih dalam lagi, Anda bisa simak penjelasannya sebagai berikut:

TNPAADS1 - tanpa agunan

 

1. KlikACC

KlikACC termasuk dalam kategori perusahaan fintech yang menerapkan sistem kerja peer to peer lending Indonesia. Pinjaman yang diberikan oleh pihak KlikACC berlangsung dengan cara online dan memakai program ACC.

Program ACC mempunyai fungsi utama untuk memastikan semua proses analisis kredit berjalan efisien. Dengan demikian para debitur, pelaku usaha, dan juga investor sama-sama mendapatkan keuntungan dari hasil pengembangan dana.

Selanjutnya, pengembalian dana yang dilakukan oleh pihak KlikACC mempunyai risiko terkontrol serta nilai yang diberikan memang benar-benar sesuai. ACC juga menyediakan pilihan sistem lelang terhadap pinjaman dan lelang terhadap invoice berdasarkan tahap seleksi, tahap scoring, serta tahap rating. Ketiga komponen tersebut dilakukan dengan menggunakan metode dan teknik analisis risk management yang memang sudah terbukti serta teruji keabsahannya.

 

2. Modalku

Modalku merupakan salah satu perusahaan berbasis fintech yang menggunakan sistem peer to peer lending sebagai penunjang pelayanannya. Modalku mempunyai tujuan besar dalam ikut serta dan mendukung pertumbuhan bisnis lokal serta berupaya membentuk ruang lingkup keuangan yang terus berinovasi sehingga bisa dengan mudah menghubungkan pemberi pinjaman kepada para pelaku usaha atau UKM berpotensi.

Kemitraan yang dilakukan dengan menggunakan Modalku atau layanan finansial berbasis teknologi informasi, tentunya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Perlu diingat bahwa Modalku bergerak di bidang fintech dan mereka tidak berperan sebagai bank.

Modalku sebagian besar memang dimotori oleh kawula muda, yang mulai mencoba menawarkan berbagai solusi terbaik kepada pihak pemberi pinjaman (investor) dengan memperhatikan inovasi lewat crowdfunding.

Inovasi yang dilakukan oleh Modalku ini memang akan sangat bermanfaat, tidak hanya untuk membantu mengembangkan bisnis yang bergerak di bidang UKM di wilayah Indonesia, tetapi juga baik untuk ikut serta dan mendukung perkembangan finansial secara inklusif di seluruh negeri.

 

Perbedaan paling mencolok antara KlikACC dengan Modalku:

 

  • Target Penerima Investasi (Pendanaan)

KlikACC menyediakan dana tanpa adanya target khusus dan cenderung mendanai semua kalangan masyarakat. Sedangkan Modalku fokus sebagai penyedia pinjaman dana kepada para pelaku bisnis UKM yang dihubungkan langsung dengan para investor.

 

  • Program yang Ditawarkan

KlikACC mempunyai program menarik yakni penawaran sistem lelang yang didasarkan pada tahap seleksi, scoring, dan rating. Sedangkan Modalku tidak mempunyai program unik brilian seperti itu. Padahal program tersebut sangat tepat digunakan untuk mendapatkan debitur yang layak dan bertanggung jawab.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman untuk modal atau pengembangan usaha, atau Anda yang ingin memperoleh keuntungan dengan berinvestasi melalui pemberian pinjaman, p2p lending indonesia di atas dapat menjadi pilihan. Semoga referensi di atas bermanfaat bagi Anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

TNPAADS2 - tanpaagunan