Seberapa Unggul KTA BCA Syariah Dibanding KTA BCA Konvensional?

BCA merupakan salah satu bank yang cukup vokal menyarankan KTA BCA dan KTA BCA Syariah. Bukankah keduanya sama-sama KTA? Betul, tapi syarat, keuntungan, dan mekanismenya berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang kedua jenis KTA produk BCA tersebut. Selengkapnya simak hal-hal berikut ini.

TNPAADS1 - tanpa agunan

Syarat Pengajuan KTA BCA dan KTA BCA Syariah

Pertama soal KTA untuk BCA konvensional. Syarat agar pengajuan bisa diterima antara lain harus berdomisili di Jabodetabek. Selain itu, gaji bulanan wajib minimal 2,5 juta. Lain-lainnya seperti fotokopi KTP, slip gaji, mutasi rekening 3 bulan terakhir, NPWP kalau pinjaman sampai 50 juta lebih, SPT, dan kartu kredit BCA minimal 1 tahun (kalau ada).

Sedangkan untuk yang syariah, persyaratannya hampir sama. Cuma, perbedaan yang mendasar ada pada sistem bagi hasil. Mengingat bunganya yang sangat rendah. Jadi Anda wajib melampirkan fotokopi surat nikah, fotokopi KTP suami/istri, dan fotokopi izin praktik usaha. Hal-hal ini agar didata secara lengkap oleh pihak bank.

Keunggulan antara KTA BCA dan KTA BCA Syariah

Hingga saat ini, total rekening yang terjaring lewat BCA mencapai 15 juta lebih. Dana KTA yang dipinjamkan mulai dari 5 juta hingga 100 juta Rupiah. Tenggat waktu angsurannya mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan. Tapi besarnya cicilan juga dibatasi berdasarkan nilai gaji Anda. Misalnya gaji per bulan Anda 10 juta, maka cicilan maksimalnya 3,3 juta Rupiah.

Sedangkan untuk kategori syariah beda lagi. Sama seperti lainnya, tiada bunga untuk kategori ini. Sebagai gantinya, wajib ada kerja sama yang mengikat antara nasabah dengan pihak bank karena dana KTA dipakai untuk usaha. Nanti hasilnya dibagi berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Pembiayaannya berupa pengadaan barang dagang atau baku.

Kemudian pihak nasabah bisa mengangsur dalam jumlah yang sama selama masih dibiayai. Pihak bank wajib tahu progres maupun regresi yang ada. Waktu maksimalnya adalah 5 tahun. Waktu 5 tahun dirasa sudah cukup dan bisa kelihatan berkembang atau tidak. Pada titik ini, amat diperlukan konsistensi dan keseriusan Anda dalam menggarap bisnis.

Perbedaan Suku Bunga antara KTA BCA dan KTA BCA Syariah

Perihal suku bunga bank memang selalu jadi topik yang paling dicari oleh para nasabah. Khusus untuk KTA konvensional, suku bunga yang diterapkan mulai dari 1% sampai 1,07%. Besarannya juga tergantung seberapa besar gaji Anda. Sedangkan untuk yang syariah amat jelas. Tidak ada bunga sama sekali. Kalaupun ada, paling-paling terkait keterlambatan.

Khusus untuk KTA BCA Syariah, sebaiknya pertimbangkan matang-matang. Apakah Anda sudah punya rencana yang matang untuk memulai usaha? Minimal mampu memproyeksikan jalannya usaha hingga potensi keuntungan per bulan. Sedangkan untuk KTA BCA kovensional cenderung bebas.

TNPAADS2 - tanpaagunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *