Pinjaman Amartha dan Danamas yang Cocok untuk Usaha Kecil

Sejak dulu, banyak orang yang ingin menjadi pengusaha daripada pegawai. Sayangnya, keinginan ini terbentur pada kendala klasik, yaitu modal. Tapi, sekarang sudah banyak pinjaman online seperti Danamas dan Amartha. Cara pinjam di Danamas juga semudah pinjaman Amartha. Dengan ragam fasilitas berikut, Anda bisa menentukan mana yang cocok untuk usaha kecil.

Jenis dan Kemudahan Pinjaman

Amartha menawarkan 2 jenis pinjaman yang bisa Anda pilih untuk modal awal atau mengembangkan usaha. Kedua jenis pinjaman ini meliputi calon peminjam berkelompok (group lending) dan SME (individu). Untuk produk pembiayaan mikro, Amartha membidik peminjam yang mengajukan (group lending).

TNPAADS1 - tanpa agunan

Sedangkan Danamas, pinjaman berbasis peer to peer lending ini bertujuan untuk kebutuhan dana mendesak. Fokus peminjamnya adalah penjual pulsa atau reseller yang sudah terdaftar di distributor yang bekerjasama dengan Danamas. Kemudian, Amartha menawarkan syarat yang mudah, bagi hasil yang kompetitif, tanpa penalti, serta pilihan anguran yang fleksibel.

Kemudian, credit history (riwayat pembiayaan) juga transparan serta pinjamannya bisa dilakukan melalui call center dan Whatsapp. Sedangkan kemudahan Danamas meliputi jaminan fleksibel, pencairan dana yang cepat (sehari langsung cair), biaya tambahan yang ringan, suku bunga kompetitif, serta nilai pinjaman yang bisa ditingkatkan.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Pinjaman di Amartha group lending baru bisa diajukan jika peminjamnya seorang perempuan dan tinggal jauh dari lembaga keuangan. Kemudian, pinjaman ini digunakan berkelompok untuk 15-20 orang yang bersedia mengikuti pelatihan berkelompok dan wajib hadir dalam pelatihan setiap pekannya.

Sedangkan pinjaman Amartha SME (individu), ditujukan pada peminjam yang pernah bergabung sebagai peminjam group lending atau lembaga lain yang menjalin kerjasama dengan Amartha. Sebagai perbandingan, syarat melakukan pinjaman di Danamas jauh lebih umum, yaitu usia 21 tahun, punya KTP/SIM, rekening Bank Sinarmas, dan ada usaha.

Tenor dan Plafon

Untuk pinjaman Amartha group lending, tenor yang berlaku yaitu 3, 6, dan 12 bulan dengan plafon terendahnya Rp3.000.000. Sedangkan Danamas, tenor-nya 1 pekan sampai 7 bulan. Kemudian untuk plafon-nya mulai dari Rp500.000. Tenor singkat dan plafon yang rendah ini tentu meringankan peminjam yang ingin membuka usaha kecil.

Setelah melihat perbandingan antara pinjaman Amartha dengan Danamas, Anda tentu sudah merasa lebih yakin ingin memilih yang mana untuk merintis atau mengembangkan usaha kecil Anda, bukan? Cara pinjam di Danamas dan Amartha yang sama-sama mudah merupakan jawaban untuk keinginan calon pengusaha yang ingin merintis dari bawah.

TNPAADS2 - tanpaagunan