Perbandingan 5 Asuransi Penjaminan Kredit di Indonesia

Mendengar mengenai asuransi penjaminan kredit, ternyata belum banyak masyarakat yang tahu. Padahal asuransi penjaminan kredit juga penting untuk memberikan perlindungan bagi pemberi pinjaman seperti halnya bank.

Risiko kredit juga tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, pihak pemberi pinjaman sangat membutuhkan asuransi penjaminan kredit guna meng-cover kredit macet para debitur.

TNPAADS1 - tanpa agunan

 Pada artikel kali ini, saya bermaksud untuk membahas mengenai perbandingan 5 asuransi penjaminan kredit di Indonesia. Apabila Anda ingin tahu lebih dalam lagi, Anda bisa simak penjelasan berikut:

 

1. Asuransi Kredit Sinar Mas

Asuransi Kredit Sinar Mas merupakan salah satu produk asuransi penjaminan kredit yang sangat membantu guna meng-cover kerugian yang diakibatkan oleh transaksi kredit macet dan masalah keuangan lainnya. Manfaat yang diberikan ialah sebagai berikut:

  • Membantu berbagai kebutuhan, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) dalam rangka memberikan pemenuhan terhadap kekurangan persyaratan atas penyerahan barang jaminan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pembiayaan keuangan, baik bank maupun nonbank yang bersangkutan.
  • Membantu lembaga keuangan bank, nonbank, dan badan usaha pemberi kredit untuk mengalihkan sebagian risiko finansialnya atas kegagalan atau pun kesulitan terhadap kewajiban untuk melakukan pengembalian kredit oleh usaha kecil dan menengah (UKM).

 

2. Askrindo

Askrindo termasuk asuransi kredit favorit yang digunakan banyak lembaga keuangan. Jenis yang disediakan ialah penjaminan kredit menengah dan penjaminan kredit kecil. Manfaat yang bisa diperoleh yakni memperbesar akses UMKM terhadap sumber pembiayaan dan mengurangi risiko yang dihadapi oleh bank atas pemberian kredit kepada UMKM.

 

3. Asuransi MAG

Asuransi MAG bisa dikatakan sebagai produk penjamin. Beberapa risiko yang bisa dijamin oleh asuransi kredit ini ialah risiko apabila debitur memang sudah tidak mampu lagi untuk melunasi kredit pada saat sudah waktunya jatuh tempo karena mungkin saja usaha yang ditekuni pihak debitur dalam kondisi yang tidak baik.

Atau bisa juga para debitur jelas-jelas meninggalkan tanggung jawabnya untuk melakukan pelunasan terhadap utang-piutangnya dengan cara menghilang, melarikan diri atau pun sudah sangat sulit diketahui dan ditemukan alamatnya lagi.

 

4. Askrida

Askrida merupakan asuransi kredit yang bisa digunakan untuk menjamin debitur. Apabila debitur meninggal dan masih mempunyai cicilan terhadap pembayaran kredit, asuransi tersebutlah yang nantinya akan memberikan perlindungan terhadap pemindahantanganan utang dari pihak yang mempunyai sangkutan utang ke pihak ahli warisnya.

 

5. Asuransi Kredit Jiwasraya

Asuransi kredit yang dikeluarkan oleh pihak Jiwasraya terdiri atas 2 pilihan, yakni Asuransi Kredit Menurun Anuitas dan Asuransi Kredit Menurun Linier. Manfaat yang didapatkan dari Asuransi Kredit Menurun Anuitas ialah pembayaran sejumlah uang asuransi sebesar jumlah kredit awal yang perhitungannya dilakukan secara menurun anuitas jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan atau cacat tetap total akibat kecelakaan dalam masa asuransi.

Sedangkan manfaat yang didapatkan dari Asuransi Kredit Menurun Linier ialah pembayaran sejumlah uang asuransi sebesar jumlah kredit awal yang perhitungannya dilakukan secara menurun linier apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan atau cacat tetap total akibat kecelakaan dalam masa asuransi.

 

Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

TNPAADS2 - tanpaagunan