Daftar Fintech di Indonesia: Pinjaman Tanpa Agunan yang Diakui OJK

Daftar fintech di Indonesia khusus kredit tanpa agunan atau KTA memang sudah  menjadi daya tarik bagi yang sedang membutuhkan bantuan finansial. Selain itu, proses yang mudah dan cepat juga menjadikan pinjaman KTA diminati banyak orang.

 

TNPAADS1 - tanpa agunan

Kelebihan pinjaman tanpa agunan

Biasanya dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan di antaranya adalah formulir aplikasi asli yang sudah diisi, fotokopi KTP, slip gaji, fotokopi buku rekening tabungan, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari pinjaman tanpa agunan adalah cicilan angsuran yang lebih rendah dan jangka waktunya sesuai dengan yang Anda sepakati.

Kemudahan dan cicilan rendah yang ditawarkan memang sangat menggiurkan. Namun yang harus Anda ketahui, pinjaman tanpa agunan sering kali menawarkan bunga yang relatif tinggi, mencapai 2-3 persen.

Bagi Anda yang mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat pasif atau tidak menghasilkan seperti membangun rumah, renovasi rumah, dan bayar utang, mungkin pinjaman tanpa agunan ini kurang tepat. Pinjaman yang Anda dapatkan tidak akan menghasilkan untung yang berlebih sehingga bunga yang dibayarkan akan terasa sia-sia.

Beda halnya jika Anda ingin mencari dana untuk mengembangkan usaha. Tawaran bunga besar tidak menjadi msalah karena pinjaman yang Anda dapatkan juga akan menghasilkan kembali dari usaha yang Anda jalankan.

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda mencari tahu dulu jenis pinjaman mana yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari. Berikut daftar pinjaman tanpa agunan sekaligus daftar fintech di Indonesia yang diakui oleh OJK:

 

1. UangTeman.com

UangTeman bergerak dalam pinjam-meminjam uang berbasis teknologi yang diperuntukkan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh lapisan masyarakat. UangTeman juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena sudah memenuhi standar pemerintah sesuai dengan peraturan OJK.

Sekarang  UangTeman sudah memiliki lebih dari 7.000 nasabah yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bali, Makassar, Palembang, Lampung, Jambi, dan Balikpapan. Jadi, status UangTeman sudah jelas dan terdaftar di OJK. Anda tidak usah ragu jika mau mengajukan pinjaman di UangTeman.

 

2. Koperasi Simpan Pinjam

Jenis pinjaman ini dijalankan dengan mengumpulkan dana sebanyak mungkin dari masyarakat, kemudian meminjamkannya kembali kepada anggota koperasi yang membutuhkan pinjaman.

Saat menjadi anggota koperasi, anggota membayar simpanan pokok yang dibayarkan satu kali saat menjadi anggota dan simpanan wajib yang dibayar selama menjadi anggota dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.  Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari meminjam di koperasi adalah pinjaman tanpa jaminan dan terhindar dari rentenir yang justru menambah beban biaya utang. Pada akhir tahun, biasanya semua anggota mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU).

 

3. Tunaiku

Pinjaman dana tanpa agunan ini merupakan salah satu produk andalan dari PT Bank Amar Indonesia yang merupakan pinjaman dana berbasis teknologi bernama Tunaiku. Pinjaman uang online terpercaya ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia sehingga sudah terjamin keamanannya.

 

Setelah mengetahui daftar pinjaman tanpa agunan di atas, mungkin artikel ini dapat membantu Anda memiliki referensi dalam mencari pinjaman tanpa agunan yang sudah terdaftar di OJK.

Sampai di sini artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua, baik yang sedang mencari informasi  mengenai pinjaman tanpa agunan karena mau mengajukan pinjaman, atau bagi Anda yang hanya ingin menambah pengetahuan mengenai pinjaman tanpa agunan.

TNPAADS2 - tanpaagunan