Adakah Pinjaman Syariah Tanpa Agunan? Yuk Cari Tahu!

Perkembangan yang semakin pesat di dunia teknologi memengaruhi berbagai bidang lain seperti halnya proses pinjam-meminjam. Salah satu yang berkembang adalah pinjaman syariah tanpa agunan. Saat ini sudah banyak cara meminjam uang secara online.

Salah satu yang menjadi primadona saat ini adalah kredit tanpa agunan. Sekilas terdengar memang sangat menggiurkan. Namun Anda juga harus sadar agar bisa memilih produk pinjaman yang tepat.

TNPAADS1 - tanpa agunan

Umat muslim yang beriman tentunya sudah tahu bahwa meminjam uang dengan membayarkan riba tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam. Jadi, Anda juga harus mempertimbangkannya sehingga bisa memilih produk syariah. Jika ada produk syariah, mengapa harus cari yang riba?

Baca juga: Ini 3 Pinjaman Syariah Tanpa Agunan, Bikin Tenang

Memang sekarang ini produk syariah di kalangan masyarakat pada umumnya kian banyak yang meminatinya. Selain menguntungkan bagi debitur, di sisi lain juga bisa mengikuti perintah Allah SWT.

Produk UangTeman hadir di tengah-tengah masyarakat dengan mengusung sistem berbasis fintech dan segala kemudahan yang ditawarkannya. Selain itu UangTeman juga menerapkan sistem pinjam-meminjam secara syariah.

Perubahan masyarakat modern saat ini yang semakin hari cenderung semakin konsumtif, membuat pinjaman syariah online bisa dikatakan sebagai medan magnet yang banyak menyedot perhatian bagi mereka-mereka yang sangat membutuhkan dana tunai dengan cepat. Dengan adanya UangTeman, banyak masyarakat yang terbantu mulai dari segi pelayanan, proses verifikasi, penerimaan dana, dan masalah pembayaran cicilan.

 

 

Pergeseran kebiasaan penggunaan pinjaman syariah tanpa agunan sekarang ini juga terlihat jelas. Yang dulunya hanya digunakan untuk tujuan menambah modal usaha atau pun memulai usaha, kini mulai berubah untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mengarah ke konsumtif, contohnya kredit kendaraan atau pun yang sedang naik daun adalah membayar KPR.

Kelebihan yang ditawarkan oleh KTA syariah antara lain, biasanya sebagian dari keuntungan yang didapatkan sering kali langsung disalurkan sebagai zakat, kemudian Anda akan mendapatkan pelayanan atau pun fasilitas yang tidak berbeda dengan produk konvensional (bank), dan yang terpenting adalah halal untuk dilakukan.

Baca juga: Apakah Lebih Untung Investasi Fintech Syariah? Coba Investree!

Ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan. Demi kelancaran Anda saat bertransaksi secara syariah, Anda disarankan untuk tidak menggunakan dana untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Pinjaman yang semula sebenarnya termasuk kredit tanpa agunan, jika digunakan untuk kredit barang yang bersifat konsumtif seperti halnya membeli mobil atau pun rumah, tentu bisa berubah menjadi kredit dengan agunan.

Barang-barang yang Anda beli tersebut secara otomatis akan menjadi agunan karena nilainya cukup menjanjikan. Saya tekankan mengapa bisa demikian, karena tujuan penggunaan pinjaman itulah yang menjadi alasan utama kredit tanpa agunan berubah menjadi kredit dengan agunan.

Hal ini wajib Anda waspadai. Namun jika niat Anda sudah bulat dan bisa memenuhi amanah untuk membayar cicilan, saya rasa hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang besar.

Kemudian yang terakhir, agar Anda tidak terjerumus dalam utang, jangan sekali-kali mengajukan KTA syariah untuk membayar utang karena akan mempersulit kondisi Anda sendiri.

Jangan khawatir lagi degan riba bila Anda ingin mengajukan pinjaman. Kini produk-produk pinjaman makin beragam untuk memenuhi kebutuhan Anda. Semoga artikel di atas bermanfaat ya.

 

Mau dapat pinjaman uang yang cepat cairnya? Klik di sini!

TNPAADS2 - tanpaagunan